Tips Cara Membuat Donat Lembut, Empuk dan Mengembang

Cara membuat donat yang lembut dan mengembang membutuhkan tips dan pengetahuan tentang teknik membuat donat yang benar. Tips membuat donat kali ini akan kita bahas untuk membuat donat dengan bahan ragi sebagai pengembang atau pelembut adonan donat untuk mendapatkan donat yang lembut dan empuk.

  1. Mencampur adonan, cara mengolah bahan adonan donat penting untuk membuat ragi dan bahan lain bercampur dengan baik dan bisa maksimal. Mencampur adonan sebaiknya dahulukan memasukan air hangat dahulu kedalam mangkok lalu taburkan ragi kedalam mangkok tersebut baru kemudian masukan adonan lain kedalamnya. Aduk dan campur hingga adonan lentur dan jika disentuh tangan tetap kering. Cara mengaduk sambil ditekan-tekan atau seperti halnya anda sedang mencuci pakaian.
  2. Suhu adonan donat, suhu adonan ini tergantung dari air sebagai bahan adonan yang kita gunakan. Gunakanlah air hangat dengan suhu kurang lebih 26 – 28 ° C, jangan sampai air yang digunakan terlalu panas. Air dan adonan yang terlalu panas akan membuat proses fermentasi ragi terjadi terlalu cepat sehingga justru membuat adonan donat punya tekstur yang tidak bagus atau tidak lembut dan mudah gosong jika digoreng. Donat yang sudah matang juga ukurannya tidak mengembang baik, tidak tahan lama dan justru membuat donat menjadi keras. Selain menggunakan air hangat anda juga bisa menggunakan susu cair hangat sebagai pencair, selain bisa melembutkan juga menambah rasa donat menjadi lebih enak.
  3. Proses fermentasi, proses ini penting untuk membuat adonan menjadi lebih lembut dan mengembang. Fermentasi sebaiknya dilakukan pada suhu dan tingkat kelembaban kamar. Gunakanlah kain sebagai penutup untuk menjaga kelembaban adonan dan didiamkan kurang lebih antara 1 hingga 1,5 jam. Dengan begitu seharusnya adonan akan mengembang menjadi 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran sebelumnya.
  4. Pembuatan donat, pada pembuatan donat saat anda membagi donat menjadi bagian kecil-kecil untuk dijadikan bentuk donat pastikan adonan donat jika ditekan tidak kembali ke bentuk awal. Jika anda tekan adonan dan menunjukan adonan elastis dengan kembali ke bentuk awal, maka adonan anda belum siap untuk dibuat donat dan digoreng. Diamkan dahulu untuk memperoleh adonan yang empuk.
  5. Penggorengan donat, dalam proses penggorengan suhu minyak menjadi penting supaya adonan bisa lembut dan matang dengan baik. Suhu yang ideal dalam menggoreng donat adalah 190 ° C. Jika anda tidak punya termometer untuk mengukur suhu minyak goreng, anda bisa melihat berapa lama waktu dibutuhkan hingga donat menguning keemasan. Suhu yang tepat akan membuat donat menguning keemasan yang menunjukan donat sudah siap dibalik memakan waktu kurang lebih 1 menit. Jadi butuh 2 menit untuk mematangkan donat di dua sisinya. Sebagai patokan jika kurang dari 1 menit sudah matang maka api terlalu besar dan jika lebih 1 menit api terlalu kecil.

Selain menerapkan tips membuat donat empuk dan lembut diatas, latihan menjadi hal yang penting. Jangan menyerah jika baru mempraktekannya sekali. Karena itu baca juga cara membuat donat yang mudah dan lembut supaya lebih jelas secara mendetail. Namun jika anda pastikan menggunakan tips diatas, maka saya yakin donat yang anda buat menjadi empuk, lembut dan mengembang. Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>